Manusia berjalan dalam kehidupan ini, pasti memerlukan sebuah pegangan. Pegangan ini tidak serta merta hadir begitu saja. Karena, hal ini tidak lahir dengan sendirinya. Nah.. perlu kita ketahui mengapa pegangan ini sangat penting dalam kehidupan manusia?. Pada hakikatnya, manusia memiliki salah satu sifat yang dimana itu sejak zaman kuno sudah tertanam di diri setiap individu yaitu rasa takut. Dan rasa takut ini melahirkan rasa yang lain, salah satunya rasa keterbutuhan. Sehingga manusia memilih hidup berkoloni untuk menghilangkan rasa takut dari ancaman-ancaman yang ada. Untuk memudahkan komunikasi satu dengan yang lain, manusia menemukan Bahasa yang mampu menyatukan tujuan mereka untuk tetap bertahan hidup. Dengan hidup berkelompok manusia pada awalnya masih dalam satu tujuan.

Namun, setelah kelompok ini berkembang dan bertambah banyak diperlukannya sesuatu untuk mengatur jalan hidup setiap manusia yang dimana, mungkin manusia sudah tidak bisa diatur untuk tetap satu tujuan bahkan berperilaku melenceng hingga menyusahkan manusia lain. Oleh karena itu, diperlukannya sesuatu yang mampu mengatur jalan hidup setiap manusia. Sehingga lahirlah mitologi dan teologi yang dipercaya mampu mengatur jalan hidup manusia dengan hukum yang pada kenyataannya dibuat oleh manusia itu sendiri. Namun, kepercayaan ini telah bertahan hingga saat ini, dan sering disebut dengan “agama” dalam Bahasa sehari-hari di negara kita. Agama ini berasal dari Bahasa sansekerta yang memiliki arti “cara hidup”.

Agama dipercaya mampu mengatur cara hidup manusia dengan harapan tidak akan ada perilaku negatif terhadap orang atau manusia lain. Tetapi, hal ini tidak bertahan lama karena setiap manusia terus berkembang dan menginginkan kemajuan serta dengan adanya problem social yang terus berubah. Akhirnya, menjadikan manusia ini tetap Kembali ke sifat mereka yang sangat membutuhkan sesuatu yang relevan sesuai dengan situasi dan kondisi social yang ada. Dengan mempertanyakan sesuatu yang sudah ada, sehingga mereka mengoreksi dan mengevalusi suatu kepercayaan yang sudah dipercaya sejak lama. Hari ini, bisa sangat kita rasakan betapa kritisnya manusia dulu yang tidak hanya mengikuti ajaran-ajaran yang ada. Namun, dengan perbedaan agama-agama dan banyaknya aliran-aliran dari setiap agama hari ini bisa kita rasakan serta saksikan betapa lucunya manusia itu.

Sebenarnya, tidak perlu jauh-jauh untuk mencontohkan suatu perbedaan. Dengan perbedaan pendapat kita sehari-hari dalam menilai suatu perkara, disitu sudah akan tersampaikan berbagai pandangan setiap individu yang memang bawaan sejak dulu sebelum orang hari ini yang berusia 1 abad lahir jika manusia itu menyadarinya. Bahkan, Ketika manusia itu dilarang untuk kritis mungkin orang yang melarang itu sedang ingin menjadikan manusia lain sebagai hewan atau tumbuhan yang dimana tidak pernah terdengar suara protes makhluk-makhluk itu tercipta. Hahhaha… Terlepas dari berbagai candaan diatas, bahwasannya kebenaran akan terus dicari dengan kesesuaiannya terhadap situasi yang ada dan aktual untuk segera diselesaikan.

Seperti halnya perbedaan pendapat di dunia islam sendiri, yang akan dibahas disini. Opini akan tersampaikan singkat dan padat yang dimana tidak mengagung-agungkan salah satu. Dari epistemologi aliran-aliran yang dibahas. Pembahasan terkait orang-orang di Indonesia yang lebih cenderung memilih aliran al asy’ariyah daripada mu’tazilah. Dari sini kita akan mendapatkan kesimpulan tersendiri terhadap orang Indonesia itu.

Mu’tazilah adalah salah satu aliran dalam teologi Islam, yang menggunakan pemikiran rasional untuk menjelaskan masalah ketuhanan. Secara epistemologi pemikiran rasional Mu’tazilah terpengaruh oleh pemikiran filsafat. Mu’tazilah menggunakan metoda berfikir filsafat untuk memnjelaskan dan menetapkan  persolan Ketuhanan. Mu’tazilah berpandangan bahwa Tuhan telah memberikan kemerdekaan dan kebebasan  bagi manusia dalam menentukan kehendak dan perbuatannya, karena Tuhan tidak absolute dalam kehendak-Nya, dan Tuhan mempunyai kewajiban berlaku adil, berkewajiban menempati janji, berkewajiban memberi rizki. Dalam hubungannya dengan perbuatan manusia , kehendak mutlak Tuhan jadi terbatas karena kebebasan itu telah diberikan kepada manusia dalam menentukan kemauan dan kehendaknya. Menurut mu’tazilah posisi manusia  dalam tatanan alam semesta memiliki pandangan tersendiri. Manusia harus berhubngan dengan alam, dan tidak dapat menghindarkan diri dari ketentuan-ketentuan yang berlaku berdasarkan hukum alamiah. Jika dikaitkan dengan paham free will dan free act, sudah menjadi perdebatan panjang dikalangan teologi Islam.

Asy'ariyah adalah mazhab teologi yang disandarkan kepada Imam Abu al-Hasan al-Asy'ari (323 H/935 M) dimana sebelum aliran ini dideklarasikan beliau pernah belajar pada aliran mu’tazilah. Asy'ariyah mengambil dasar keyakinannya dari Kullabiyah, yaitu pemikiran dari Abu Muhammad bin Kullab dalam meyakini sifat-sifat Allah. Kemudian mengedepankan akal (rasional) di atas tekstual ayat (nash) dalam memahami Al-Qur'an dan hadis. Asy'ariyah menggunakan tiga jenis metodologi yang berbeda untuk menjelaskan akidah di dalam dakwah. Ketiga jenis metodologi ini yaitu tekstual, rasional, dan dialektika. Metodologi tekstual meliputi kegiatan penerimaan wahyu tanpa mempermasalahkan isi dari wahyu tersebut. Metodologi rasional digunakan untuk mengaitkan antara akidah dengan pemahaman yang maksimal melalui akal yang digunakan untuk memberikan penjelasan atas suatu kebenaran. Sedangkan metodologi dialektika meliputi kegiatan diskusi dan pertukaran pikiran secara khusus digunakan dalam mazhab Asy'ariyah untuk memenangkan debat dengan mazhab pemikiran yang berlawanan dengannya, yaitu Mu'tazilah.

Mungkin sangat singkat saja, mengapa manusia di Indonesia cenderung memilih aliran al asy’ariyah daripada mu’tazilah. Pastinya dengan keadaan nenek moyang Indonesia yang sangat mempercayai mitologi dan hal-hal metafisika. Adapun dari sejarah masuknya agama-agama di Indonesia sehingga mudah sekali diterima, tentunya dari kepercayaan sebelum hindu itu masuk sudah ada. Setelah itu, ajaran hindu, budha, islam, dan nasrani yang dari keseluruhannya memiliki benang merah bahwa ajaran yang disampaikan tidak jauh beda dengan ajaran nenek moyang yang sudah sejak lama mewarnai kehidupan di Indonesia sendiri.

Dari pernyataan diatas, dapat terlihat persamaan dan perbedaan dari kedua aliran teologi islam atau disebut ilmu kalam. Dimana, pembahasan ilmu kalam merupakan pembahasan yang sangat fundamental. Namun, beberapa pendapat pembahasan ini juga sangat membahayakan untuk dibahas bahkan sekedar disampaikan. Entah mengapa, sependek itu terkait urgensi dari pembahasan ini yang lagi-lagi didasarkan pada rasa takut. Takut akan adanya kesalahpahaman, penyelewengan, serta pemutar-balikan fakta yang pada kenyataannya orang-orang ini takut bahwa akan ada atau lahir suatu ideologi yang berbeda dengan orang atau manusia dalam aliran yang dimana tidak sesuai dengan orang yang melarang. Bahkan muncul juga anggapan akan lahirnya ideologi baru yang pastinya bertentangan dengan sudah dia pelajari dari awal.

Padahal, lahirnya setiap ideologi dari semua agama beserta aliran-alirannya berawal dari ketidaksetujuan maupun ketidaksesuaian terhadap ideologi sebelumnya atau yang sudah ada. Dan tidak sedikit dari setiap tokoh dalam ajaran-ajaran ini pernah mengenyam ajaran yang mereka/beliau kritik kala itu. Serta setiap ajaran juga tidak bisa terlepas dari yang sudah ada, disinilah hebatnya manusia yang mampu menginovasi dari kreatifitas yang dibawa sejak purbakala contohnya, batu jadi palu, dan palu itu bisa diharamkan saat bersama sabit padahal sabit juga mahakarya yang luar biasa dari manusia, namun ketidakrasionalan telah mandarah daging untuk menghukumi itu haram atau dilarang.

Konklusi dari semua opini ini ialah, manusia yang diberi akal untuk berfikir menjadikan mereka sebagai makhluk yang luar biasa. Namun, kesombongan ini akan hanya sebatas pembanggaan diri saja, jika tidak ditopang dengan intelektual, emosional, dan spiritual yang mampu menyadarkan semakin manusia berfikir maka semakin manusia itu sadar bahwa manusia itu tidak tahu apa-apa.

“saya tahu bahwa saya cerdas, karena saya tahu bahwa saya tidak tahu apa-apa,”

Socrates (339 SM)

Rahiiq Al Bachri

Santri PKFT