Dalam rangkaian peringatan hari besar Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-77, pada umumnya dijadikan momen bagi masyarkat Indonesia untuk mengekpresikan rasa nasionalis masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai rasa cinta tanar air sebenarnya ada banyak bentuk ekpresi yang kita lakukan untuk merayakannya dan menjaga keutuhan serta kedaulatan Republik Indonesia. Bentuk ekpresi antara lain melalui berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam menyabut HUT Republik Indonesia para pemuda karang taruna Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung memiliki inisiatif untuk membuat suatu kegiatan yang dituangkan dalam wujud kernaval kebudayaan. Kegiatan karnaval kebudaayan ini sebenarnya agenda yang dulu juga sudah pernah dilakukan di masa belum terjadinya pandemi COVID-19 menyerang.

Kegiatan tersebut diselenggarkan pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2022. Dimulai di lapangan sepak bola Desa Plosokandang sebagai titik awal keberangkatan, kemudian bergerak melewati jalan-jalan Desa Plosokandang. Dengan adanya kegaiatan karnaval tersebut mampu menarik banyak antusias dari masyarakat. Tidak hanya dari masyarakat Desa Plosokandang sendiri bahkan sampai dengan masyarakat luar Desa Plosokandang.

Pawai iring-iringan karnaval yang menyajikan berbagai macam atraksi mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia yang mencerminkan rasa kebhinekaan. Adapun contohnya seperti tari-tarian adat Indonesia, peragaan pakain pakaian adat, dan banyak lagi. Semua tertuangkan dalam bentuk suka cita memeriahkan hari kemerdekaan republik Indonesia.

Namun kemeriahan HUT RI di Desa Plosokandang tidak berhenti saja diacara karnaval budaya saja. Masih banyak rangkaian kegiatan-kegiatan untuk memeriahkan HUT RI yang ke-77. Sejumlah kegiatan lain sudah disiapkan oleh karang taruna Desa Plosokandang Bersama dengan para perangkat desa yang tentunya tidak kalah seru dan menarik.

Diantara lain untuk agenda perayaan HUT RI di Desa Plosokandang pada tanggal 16 Agustus 2022 ada malam tirakatan untuk warga desa. disusul pada tanggal 27 sampai 31 Agustus 2022 dengan adanya bazar pasar malam, serta pada tanggal 28 Agustus pagi diadakan jalan sehat yang tentunya ada berbagai hadiah menarik. Hadiah bisa didapatkan apabila beruntung, dengan cara membeli kupon undian untuk agenda jalan sehat yang seharga Rp2.000.

Menurut saya, dengan adanya serangkain kegiatan yang di adakan oleh teman-teman karang taruna Desa Plosokandang ini patut diapresiasi. Karena, dengan diadakanya agenda semacam itu dapat memberikan hiburan kepada masyarakat yang cenderung selama masa pandemi COVID-19 kemarin hanya menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di rumah. Selain itu juga sebagai sikap kita untuk merefleksikan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa cinta tanah air yang ini dapat dijadikan sebgai alat memperkokoh kesatuan dan persatuan.

Besar harapan bagi masyarakat untuk mampu melanggengkan berbagai kegiatan positif seperti ini . Semangat nasionalis juga harus tetap dimiliki oleh setiap insan dalam sendi masyarakat Indonesia, supaya tetap terjagnya persatuan dan kesatuan. Mengingat pada zaman sekarang banyak ancaman yang berusaha untuk meruntuhkan kedaulatan Indonesia, baik dari dalam maupun dari luar. Akhir kata “tetaplah jadi satu. Jangan sampai mudah dipecah belah dan buat bangsa ini bangga,”.


Khrisna Wahyu M

Mahasiswa Semester 7